Personality Development

Menganalisa Diri Sendiri

Saya Laili Dwi Aryani, lahir pada tanggal 21 September 1997 di Cilacap, Jawa Tengah.
Inilah analisa tentang diri saya menurut teori-teori berikut ini:

Masa Pra Ilmiah :
Berdasarkan Astrologi (ilmu perbintangan) dan Grafologi( ilmu tulisan tangan)

  • ·        Astrologi atau ilmu perbintangan:
        Ilmu ini berupaya menerjemahkan keberadaan manusia berdasarkan posisi benda langit, terutama matahari, bulan, planet dan lunar node seperti dilihat pada waktu dan tempat lahir seseorang. Akhir-akhir ini astrologi masih dikenal dan dipergunakan untuk menilai kepribadian seseorang dalam kajian populer terutama terkait 12 zodiak berdasarkan tanggal lahir.
  • ·        Grafologi atau ilmu tulisan tangan:
        Dasar pikiran ilmu ini adalah bahwa setiap guratan tangan seseorang merupakan ekspresi dari kehidupan jiwanya. Setiap orang memiliki tulisan yang berbeda, bentuk garis, tekanan, ukuran huruf menunjukkan bahwa tulisan mampu menggambarkan kepribadian penulisnya.

        Dalam zodiak seorang virgo lebih pemalu dan tidak suka menonjol ,tetapi jujur dan rendah hati. Keras kepala tetapi bisa menjaga emosi dan mempunyai penampilan trendi, rapi dan bersih.Iya saya termasuk orang yang sedikit pemalu dan tidak banyak bicara.Tidak suka terlihat
menonjol ,jujur. Lebih suka melakukan hal yang tidak terlihat oleh orang lain namun dapat
memberikan hasil yang bagus. Saya termasuk orang yang  selalu ingin tampil bagus, rapi, dan
bersih.
        Seorang virgo juga merupakan perencana yang baik, berpengetahuan luas dan mencari
kesempurnaan dalam segala hal. Saya termasuk orang yang ingin merencanakan segala sesuatu dikerjakan dengan baik dan sempurna. Saya termasuk orang yang grogi saat pertama atau belum terbiasa tampil di depan umum untuk melakukan sesuatu dan dilihat banyak orang.
        Dalam guratan tangan, Saya termasuk orang yang santai,tetapi sulit mengambil keputusan dan mudah terpengaruh. Saya memiliki konsentrasi tinggi dan perhatian dengan detail kecil. Saya seorang yang moodnya gampang berubah tetapi lebih bisa menjaga emosi dan menggunakan logika dalam sebuah situasi. Saya mempunyai tingkat kepercayaan diri yang biasa aja , dan saya suka menikmati hal-hal baru dalam hidup
        Dalam hal pertemanan virgo merupakan teman yang baik dan pandai menjaga rahasia. Saya termasuk orang yang tidak terlalu mudah bergaul,saya cenderung diam / kalem (tidak banyak bicara ) dan cuek jika dengan orang orang baru saya kenal. Namun jika saya sudah merasa dekat dan terbiasa saya  berubah menjadi lebih ceria dan banyak bicara. Tetapi saya dapat berteman dengan baik dan pandai menjaga rahasia dari teman.

Masa Ilmiah:
Berdasarkan Teori Psikoanalisa
Teori ini dikemukakan oleh Sigmund Freud. Dia berpendapat bahwa diri manusia mempunyai tiga bagian, yaitu Id, ego dan superego.
·        Id                     :
 adalah pusat nafsu serta dorongan yang bersifat naluriah, tidak sosial, rakus, dan antisosial.
·        Ego                  :
adalah bagian yang bersifat sadar dan rasional yang mengatur pengendalian superego
terhadap Id. Ego secara kasar dapat disebut sebagai akal pikiran.
·        Superego         :
adalah kompleks dari cita - cita dan nilai - nilai sosial yang dihayati seseorang serta membentuk hati
nurani atau disebut sebagai kesadaran sosial.
        Dalam teori ini saya menganalisis diri saya, dimana sifat id saya sangat terpengaruh untuk membeli barang barang yang saya ingin seperti tas, baju, sepatu/flatshoes, ataupun aksesoris hanya karna bagus dan menginginkan bukan suatu kebutuhan. Sifat ego muncul ketika saya berfikir untuk membelinya atau tidak karena harganya cukup mahal. Sifat superego muncul ketika saya tidak jadi membeli barang barang tersebut karena tidak terlalu penting karena masih ada yang lain yang saya punya dan saya berfikir orangtua bersusah payah mencari uang, dan yang saya lakukan sekarang adalah lebih berhemat dan tidak membeli barang yang dirasa tidak terlalu penting. 


Perumpamaan Kepribadian

Perumpamaan untuk aku dari teman-teman tentang kepribadianku :

Dari Pandu Nasrul N :

“ saya diibaratkan seperti pohon, karena terkadang diem terkadang bergerak jika
  tertiup angin, sama seperti saya yang diam tidak banyak bicara tetapi jika ada yang
  mengajak saya berbicara saya ikut berbicara”.

Dari Serin Audina :

“ saya diibaratkan seperti hantu, karena hantu muncul dan pergi begitu saja, sama
  seperti saya, kalo dikos kadang ada kadang engga”.

Penilaian diri 

Penilaian 3 hal baik dan 3 hal buruk menurut diri saya pada teman teman :
                     
Serin Audina     
Baik     à mudah bergaul dengan orang baru, dermawan, ngga sombong
Buruk   à kurang rajin, terkadang ngomongin orang dibelakang, suka berisik asik sendiri
      Vivi Tri Handayani       
Baik     à percaya diri, rapi, orangnya tegas
Buruk   à angkuh sama omongannya, terkadang egois, kurang bertanggungjawab
Dani Tatrasandi
Baik     à ramah, penghangat suasana bikin rame, peduli dengan teman
Buruk   à malas, kurang bertanggungjawab, sedikit cuek
Pandu Nasrul Nugroho
Baik     à kreatif, peduli dengan teman, bertanggungjawab
Buruk   à terkadang mudah marah, pesimis, terkadang keras kepala

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Most Embarrassing Moment of My Friend

Unforgettable Childhood Memory

Procedural Text of a Special Dish